Jumat, 27 Maret 2009

Bagaimana Menjadi Seorang Programmer Komputer Bag. 3

Memilih Bahasa Pemrograman Komputer untuk Belajar Menjadi Programmer Komputer

Banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang ada di dunia ini. Biasanya jika kita akan belajar menjadi programmer akan kesulitan dalam memilih bahasa komputer sebagai perangkat belajar. Di bawah ini ada beberapa bahasa komputer yang biasa digunakan untuk belajar pemrograman dan banyak digunakan digunakan di Indonesia, berikut kelebihan dan kekurangannya.

BASIC. Pro : mudah dipelajari karena perintahnya mudah dipahami. Ada freeware-nya. Con : tidak terstruktur. Buku sulit didapat (biasanya di perpustakaan umum atau kampus masih ada) Note : Dilebih baik tidak menggunakan Visual BASIC karena fokus belajarnya bisa terpecah dan dapat mengakibatkan pemahaman logika algoritma membutuhkan waktu lebih lama.

Pascal. Pro : relatif mudah dipelajari dan terstruktur, ada freeware. buku masih banyak ditemukan. Con : -.

C/C++. Pro : banyak digunakan, terstruktur, buku seabreg, banyak freeware. Con : sulit dipelajari.

Java. Pro : relatif banyak digunakan, terstruktur, buku banyak, opensource. Con : sulit dipelajari.

Penulis tidak akan menyarankan suatu bahasa mana yang akan digunakan untuk memulai belajar pemrograman komputer. Sebagai pengetahuan, India adalah salah satu negara yang banyak menghasilkan programmer-programmer dan tenaga di bidang IT yang handal dan go international. Bahasa komputer pengantarnya adalah Java sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan Pascal dan C++ sebagai bahasa pengantar belajar pemrograman komputer. Tetapi berdasarkan pengalaman, seseorang menjadi programmer yang handal bukan karena bahasa komputer yang dipilihnya. Tapi tergantung dari pola pikir dan perilaku orang yang ingin menjadi komputer. Seorang programmer sejati memiliki moto :

Tidak ada kata "tidak bisa". Sekarang "tidak bisa" tapi esok "harus bisa"

Kembali ke pemilihan bahasa. Yang disarankan adalah pilih satu bahasa komputer lalu pelajari sampai benar-benar menguasainya, dalam arti apapun soal dan kasus yang diberikan, kita dapat membuat program komputernya dengan baik dan benar.

Jika kita telah menguasai salah bahasa komputer (sampai ngelotok) akan mudah bagi kita mempelajari bahasa komputer lainnya. Analoginya, kita ingin belajar bahasa Inggris, tapi bahasa Indonesia ngomong saja masih gagap. Tentu saja akan kesulitan mempelajari bahasa Inggris.

SEKIAN

Tidak ada komentar: