Selasa, 13 Juli 2010

Objective-C... Apa Pula Nih?

Preketek... eh Prakata

Tatkala dipusingkan oleh Java... (ehm!) sekonyong-konyong customer service staff nongol 'n tanya... inObjective C sama ngga dengan C??? (... gue bengong bentar ...)

Buru-buru konsultasi ke mbah Gugel... (sampe pala gue ditonyo-tonyo) nggak ada yang namanya inObjective C!!! adanya Objective-C!!! iya deh mbah, tenkyu ya mbah, saya menghadap pakde Wiki... berikut hasil terawangan pakde Wiki

Sekelebat Tentang Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C digabung dengan gaya bahasa SmallTalk. Dengan kata lain, Objective-C pada OOP-nya bergaya SmallTalk yaitu menggunakan message passing sedangkan C++ menggunakan pemanggilan method.

Objective-C saat ini banyak digunakan pada platform Mac OS X dan iOS (iOS adalah sistem operasi untuk iPhone, iPod Touch dan iPad... naahhhh!). Dengan adanya framework Cocos2D yang notabene adalah framework untuk membuat game di iPhone, maka Objective-C makin banyak yang mempelajarinya. Catatan Cocos2D merupakan bagian Cocoa Touch API (dari namanya sudah ketahuan untuk membuat aplikasi touchscreen) yang dibuat menggunakan Objective-C. Objective-C juga merupakan bahasa pemrograman utama pada sistem operasi NextStep.

Kenapa Objective-C digunakan di sistem operasi Mac? karena Steve Jobs (pendiri Apple Inc.) membuat perusahaan bernama NeXT yang menggunakan Objective-C berlisensi dari StepStone untuk membuat sistem operasi NextStep. Karena NeXT diakuisisi Apple Inc. maka NextStep dimodif menjadi Mac OS dan tentu saja dibangun menggunakan Objective-C. Sehingga Objective-C menjadi bahasa pemrograman utama pada produk-produk MacIntosh.

Objective-C dibuat oleh Brad Cox dan Tom Love tahun 80-an. Perusahaannya bernama StepStone.

Dari sisi perintah, katanya (katanya lhoo... soalnya blom pernah nyoba) Objective-C adalah superset dari C. Artinya perintah Objective-C relatif sama tapi lebih banyak dari pada perintah bahasa C. Untuk membuat program menggunakan Obejctive-C sudah tersedia untuk Linux, Mac, dan Window. Silahkan tanya mbah Google (soalnya klo saya yang nanya, bisa ditonyo-tonyo lagi)

Tidak ada komentar: