Senin, 17 Juni 2013

Belajar Pemrograman Python Bag. 2 : Program Hello World

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Belajar Pemrograman Pyhton Bag. 1 : Instalasi sekarang mau belajar bikin program Python yang paling seupil yaitu program untuk menampilkan teks : hello world. Tapi karena gue orang Indonesia asli, tulisan yang mau ditampilkan diganti dengan : apa kabar duniaaaaaaa....

pertama bikin folder buat nyimpen file-file source code Python, nama foldernya terserahlah, punya gue sih namanya "belajar python" dan dibuat di drive D:. Nah habis itu buka program Notepad trus ketik perintah-perintah Python seperti pada gambar di bawah ini.

trus disimpen pakai nama : halo.py

Hati-hati waktu menyimpan file! waktu mengetik nama file, nama file-nya ditulis di antara tanda kutip dua ya! contoh : "halo.py"   penyebabnya karena kita kan pakai Notepad, ekstensi file Notepad adalah .txt, nah kalau kita tidak ketik nama file program Python pakai tanda kutip dua, nanti nama filenya jadi : halo.py.txt  kalo ekstensi filenya salah, nanti saat mau dieksekusi pasti salah juga (program ga bisa dijalankan)

Kalau file source code sudah disimpan dengan benar, sekarang tingga dijalankan / di-run / dieksekusi. Buka dulu Command Prompt-nya terus pinda ke folder tempat file program Python disimpan.
Lalu ketik : py halo.py (lihat gambar di bawah)





nah tuh tulisan "apa kabar duniaaaa..." sudah muncul. Berarti program telah sukses dieksekusi tanpa ada kesalahan.

Oke, saya akan coba menjelaskan tiap baris perintah di program Python yang sudah dibuat.

#! python

Perintah di atas (kayaknya sih -kan gue lagi belajar juga, jadi ya nebak-nebak aja- gak ilmiah ya?! hehehe) merupakan compiler directive yang berguna untuk interpreter Python (dan tidak berguna buat programmer, programmer mah cukup nulis perintah itu aja di baris paling atas). Catatan tambahan : yang pernah gue baca sih Python ini dibuat pakai bahasa C. Jadi ya perintah itu ngikutin bahasa C yang ada juga compiler directive-nya.

import sys

Perintah ini biasanya untuk menyertakan library atau class yang bernama sys. sys ini merupakan library atau class dasar yang harus ada di setiap program Python.

sys.stdout.write("apa kabar duniaaa...")

perintah ini adalah perintah untuk menampilkan teks. teks di pemrograman biasa disebut string. string d=harus diapit tanda kutip dua. Perintah ini diawali dengan perintah sys, berarti berkaitan dengan perintah : import sys. Coba aja perintah import sys dihapus. Pasti perintah sys.stdout.write("apa kabar duniaaa...") gak akan bisa dijalankan karena error. Dengan kata lain, pada waktu kita menggunakan suatu perintah, kita harus tau perintah itu ada di library / class apa. terus setelah kita tau nama library atau class-nya, nama library atau class tersebut di gunakan dengan perintah import.

ya gitu dulu ya belajar Python-nya... doain biar kita bisa belajar di bagian berikutnya.


Tidak ada komentar: