Rabu, 19 Juni 2013

Belajar Pemrograman Python Bag. 5 : Contoh Program Python Sederhana

Oke mas bro dan mbak sis... kita belajar Python lagi yaaaaa.... kali ini gue coba membuat program-program Python sederhana. Sebelum mulai, gue bahas dulu tentang variabel di bahasa pemrograman secara umum dan Python pada khususnya.

Variabel di bahasa pemrograman mirip dengan variabel di matematika. Variabel di bahasa pemrograman digunakan untuk menyimpan nilai atau data. Pada dasarnya variabel dan nilai yang dikandungnya disimpan di dalam memori komputer, dan dapat digunakan pada saat diperlukan. Variabel di pemrograman akan tetap ada di dalam memori komputer, selama program masih jalan dan komputernya masih hidup. Misalnya kita ingin menyimpan bilangan di dalam suatu variabel pada pelajaran matematika, maka cukup ditulis : x = 10. Nah di pemrograman juga sama. Cuma untuk nilai yang berupa teks, penyimpanan di variabel ada aturannya. Contoh : nama = "joni". Perhatikan, untuk teks harus diapit tanda kutip dua. Sedangkan di Python, nilai atau data teks dapat diapit tanda kutip dua atau kutip satu. Lanjut, berikutnya contoh program Python untuk menampilkan nama yang disimpan di dalam suatu variabel :

#! python
# program menampilkan variabel

import sys

# menyimpan nilai ke dalam variabel (assignment)
nama = "Joni"
umur = "17"
tinggi = 170

# menampilkan nilai variabel
sys.stdout.write("\nNama : " + nama)
sys.stdout.write("\nUmur : " + umur)
sys.stdout.write("\nTinggi badan : " + str(tinggi) + " cm")

hasil program saat dieksekusi seperti gambar di bawah ini



Pada perintah : nama = "Joni", tanda = (sama dengan) disebut operator assignment.
Pada perintah : sys.stdout.write("\nNama : " + nama), tanda + (tambah) di situ bertindak sebagai operator penggabungan teks atau disebut concatenation operator. Selain itu, tanda \n digunakan untuk ganti baris. Karena tanpa tanda \n, nama, umur, dan tinggi badan akan ditampilkan cuma satu baris tidak seperti contoh gambar tampilan di atas. Tanda \n merupakan salah satu escape sequence. Kemudian variabel tinggi ditulis : str(tinggi), hal ini dilakukan karena tinggi berisi bilangan. Operator concatenation (+) tidak bisa menggabungkan bilangan. Oleh sebab itu tinggi diubah atau dikonversi menjadi bilangan dengan fungsi str( ) agar bisa digabungkan dengan teks sebelumnya.

Contoh berikutnya adalah program untuk menghitung suatu ekspresi matematika : m = a + b x c.

#! python
import sys

a = 2
b = 3
c = 4
m = a + b * c

sys.stdout.write("\na = " + str(a))
sys.stdout.write("\nb = " + str(b))
sys.stdout.write("\nc = " + str(c))
sys.stdout.write("\nm = a + b * c")
sys.stdout.write("\nm = " + str(a) + " + " + str(b) + " * " + str(c))
sys.stdout.write("\nm = " + str(m) + "\n")

hasilnya seperti gambar di bawah ini.





sekian... selamat belajar :)

Tidak ada komentar: