Kamis, 20 Oktober 2016

Memastikan Apakah Rumput Tetangga Lebih Hijau Dari Rumput Sendiri Dengan Program Komputer

Kita sudah sering mendengar kalimat kiasan, "Rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri." Namun apakah anda pernah memastikan kalimat kiasan itu benar dan valid? Jika belum, berikut ini cara memastikan apakah benar rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri, dengan menggunakan teknologi informasi.

Alat-alat yang diperlukan :
  • Kamera digital yang masih berfungsi dengan baik. Boleh menggunakan kamera telepon genggam asal kualitasnya sudah lumayan bagus. Ukuran pixel tidak berpengaruh.
  • Komputer yang dapat digunakan. Boleh komputer desktop maupun laptop.
  • Kabel USB. Gunanya untuk mentransfer foto rumput tetangga dan rumput sendiri dari kamera digital ke komputer.
Program komputer yang dibutuhkan :
  • Sistem operasi.
  • Adobe Photoshop.
  • Web browser yang bisa akses internet dan Facebook.
Langkah-langkah untuk memastikan rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri :
  1. Nyalakan kamera. Jika tidak nyala, ganti baterai baru atau di-charge ulang.
  2. Pastikan memory card masih cukup ruang untuk menyimpan foto-foto rumput tetangga dan rumput sendiri.
  3. Pilih waktu pemotretan pada saat cuaca cerah dan ruang terbuka sekitar jam 8-9 pagi.
  4. Foto rumput sendiri dengan posisi badan membelakangi matahari. Awas jangan sampai bayangan badan ikut terfoto. Saat mengambil foto rumput usahakan jarak dari kamera ke rumput tetap, misalnya 1 m.
  5. Foto rumput tetangga. Cara pengambilan foto sama seperti cara pengambilan foto rumput sendiri. Yang harus diperhatikan, setelah mengambil foto sendiri langsung mengambil foto rumput tetangga, jangan ditunda-tunda. Samapi langkah ini, mengambilan sesi foto selesai. Langkah berikutnya adalah memastikan apakah rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri menggunakan komputer.
  6. Nyalakan komputer. Jika tidak nyala, ganti komputer atau di-charge ulang (jika anda menggunakan laptop).
  7. Hubungkan kamera digital dengan komputer menggunakan kabel USB, agar hasil pemotretan dapat dibuka melalui komputer.
  8. Buka program Photoshop.
  9. Dengan Photoshop, buka hasil pemotretan rumput tetangga dan rumput sendiri.
  10. Pilih foto rumput tetangga, lalu tekan tombol jalan pintas Ctrl+M untuk membuka kurva histogram dari foto rumput tetangga. Pada jendela kurva histogram ubah Channel yang nilainya RGB menjadi Green.
  11. Pelajari histogramnya, jika posisi histogram cenderung lebih banyak di kiri dan/atau di bawah, berarti lebih gelap (baca lebih hijau). Jika posisi histogram cenderung lebih banyak di kanan dan/atau di atas, berarti lebih terang (baca kurang hijau).
  12. Lakukan langkah no. 11 untuk foto rumput sendiri. Lalu bandingkan kedua histogram dari foto-foto rumput sendiri dan tetangga. Dari situ anda dapat menyimpulkan apakah rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri.
  13. Berilah like pada postingan ini atau di FB.
  14. Jangan lupa membereskan dan merapikan alat-alat dan disimpan ditempatnya semula dengan baik.
Berikut histogram dari foto rumput tetangga dan rumput sendiri (klik gambar untuk memperbesar).Dari histogram tersebut, ternyata rumput sendiri lebih hijau dari rumput tetangga... alhamdulillah ;)


Semoga bermanfaat. NB : artikel ini ditujukan bagi yang sedang belajar image processing atau pengolahan citra, yang sedang belajar Photoshop, maupun yang sedang belajar fotografi.

Tidak ada komentar: