Kamis, 12 Februari 2015

Membuat File .exe Sebagai Service

Gara-gara bikin aplikasi web pakai PHP untuk akses database Foxpro 2.6 (.dbf) mengakibatkan downgrade xampp ver. 1.4.5 yang PHP-nya masih support database keluarga keturunan DBase. Yang jadi masalah adalah xampp 1.4.5 tidak ada tool untuk menjalankan Apache dan MySQL sebagai service di sistem operasi Windows (7). Jadi naikin Apache sama MySQL-nya harus manual, sehingga bisa manimbulkan masalah kalau saya nggak ada untuk menyalakan Apache + MySQL... apa jadinya nanti?.

Akhirnya nguplek2 Google dan menemukan cara untuk membuat file .exe dijadikan service di sistem operasi Windows. Kenapa file .exe dijadikan sebagai service? karena jika file .exe dijadikan service maka setiap kali komputer di-boot atau di-reboot, file .exe yang menjadi service tersebut otomatis akan dieksekusi dan running sebagai background (baca : tidak ada window / jendelanya). Jadi kalau saya nggak ada, orang lain tinggal menyalakan komputer yang otomatis akan meng-up-kan Apache + MySQL-nya.

Cara membuat file .exe sebagai service adalah :
  1. Buka Command Prompt alias Windows Console alias DOS prompt window alias cmd.
  2. Ketik :
    sc create namaService binpath= "c:\xampp\xampp_start.exe"
    lalu tekan tombol Enter. namaService bebas. Simbol = dengan teks binpath tidak boleh ada spasi. Nama File dan path-nya harus di antara tanda kutip dua.
  3. Jika proses di atas sukses, ketik :
    c:\xampp\xampp_start.exe /install
    lalu tekan tombol Enter.Selesai.
Perintah sc pada langkah no.2 untuk menjalankan file sc.exe yang gunanya membuat file .exe sebagai service. File sc.exe ini adalah bawaan pada sistem operasi Windows. Service yang dibuat menggunakan sc.exe dapat dilihat melalui Control Panel -- System and Security -- Administrative Tools -- Services.

Sekian, semoga bermanfaat!

1 komentar:

Bego mengatakan...

Kok ada tulisan nya gini bro
(The system cannot find the patch Specified) pas nginstal nya