Kamis, 24 Maret 2016

Survei Aplikasi Gempa Bumi Pada Ponsel Android Maret 2016

Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang berada pada lempeng tektonik Indo-Australia. Selain itu, indonesia juga termasuk negara yang dilintasi cincin gunung berapi Pasifik (Pacific Ring of Fire). Oleh sebab itu Indonesia adalah negara yang sangat rentan dengan bencana gempa bumi, baik gempa bumi tektonik maupun vulkanik.

Teknologi telepon seluler yang makin berkembang dengan harga semakin murah, membuat hampir semua penduduk di dunia menggunakannya. Tercatat pada www.statisa.com, tahun 2015, di wilayah Asia-Pasifik, pengguna telepon seluler telah mencapai 2,5 milyar pengguna, dan masih terus pertambah. Selain itu dari www.idc.com, sistem operasi telepon seluler pintar Android menguasai market share dunia lebih dari 80% di tahun 2015.

Aplikasi-aplikasi yang menyampaikan informasi gempa bumi telah banyak dibuat dan dipasarkan oleh para developer. Berdasarkan data statistik market share dunia yang menyebutkan telepon seluler pintar berbasis Android telah menguasai pasar, dan fakta lokasi Indonesia berada di daerah rawan bencana gempa bumi, maka tiga aplikasi penyedia informasi gempa bumi akan dievaluasi. Pemilihan tiga aplikasi tersebut berdasarkan hasil pencarian pada situs Google Play, diambil tiga aplikasi pada urutan pertama. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah :




Tata Cara Singkat Pengisian Kuesioner Survei

  • Unduh dan install ketiga aplikasi informasi gempa bumi tersebut di atas pada telepon seluler anda melalui Google Play atau unduh apk (.rar)
  • Unduhlah file excel berisi kuesioner untuk survei di sini : Unduh file kuesioner survei
  • Gunakan setiap aplikasi tersebut semaksimal mungkin.
  • Kemudian isilah file kuesioner satu sheet untuk satu aplikasi.
  • Simpan dan kirim file excel yang telah diisi ke alamat : ilmubiner@gmail.com dengan subjek / tajuk e-mail : App Gempa
  • Selesai.
Atas kesediaan mengisi kuesioner survei, saya haturkan terima kasih sebesar-besarnya.

Jaminan : alamat e-mail dan data anda tidak akan dipublikasi atau diberikan kepada pihak lain.

Tidak ada komentar: