Rabu, 01 Juni 2016

Soft Skill + Hard Skill : Kemampuan Beradaptasi

Apa yang dimaksud dengan "adaptability"? Adaptability atau diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia, adalah kemampuan untuk beradaptasi. Adaptasi adalah penyesuaian dengan sesuatu yang baru dan berbeda.

Mengapa profesional di bidang TI harus memiliki kemampuan beradaptasi? Seperti pada gambar, karena "our world is constantly evolving" -dunia TI selalu berubah dan tetap berubah-. Lalu apanya yang selalu berubah? Pertama, teknologinya yang selalu berkembang. kedua sistem ekonomi yang berubah, ketiga sosial dan budaya yang berubah. Bisa jadi perubahan pada ekonomi dan sosial-budaya dipicu oleh perkembangan dan perubahan pada teknologi.

Profesional di bidang TI tidak cukup hanya sekedar memiliki kemampuan beradaptasi saja, kemampuan adaptasinya haruslah tinggi! Mengapa? karena perubahan dapat terjadi dengan begitu cepatnya baik sadar maupun tidak sadar. Lalu bagaimana cara mencapai kemampuan beradaptasi yang tinggi? Kemampuan beradaptasi yang tinggi dapat diraih hanya dengan cara mempraktekkannya. Kuncinya adalah : jadilah fast learner. Fast learner artinya harus MAU belajar dengan BAIK dan CEPAT dengan pernuh kesadaran dan tanggung jawab. Bagaimana kita bisa menguasai teknologi jika tidak mau mempelajarinya? bagaimana kita bisa mendapatkan pendapatan tambahan jika tidak mau mempelajarinya? bagaimana kita bisa mendapatkan banyak relasi dan pelanggan jika tidak mau belajar menjadi orang yang berakhlak baik? Sekali lagi, Kemampuan beradaptasi yang tinggi dapat diraih hanya dengan cara belajar mempraktekkannya

Tidak ada komentar: