Rabu, 12 Februari 2014

Tips Mencetak Halaman Bolak Balik Dengan Printer

Mumpung masih anget... berikut langkah-langkah mencetak halaman bolak balik dengan printer (biar ngirit kertas)

  1. Pastikan anda tahu sisi yang mana dan menghadap atau mengarah kemana printer akan mencetak dokumen. Untuk mengetahui sisi, arah, dan hadap hasil cetakan printer, ambil sehelai kertas (disarankan bekas) lalu gambar anak panah pada kertas tersebut, lalu cetak satu halaman apa saja dengan kertas yang telah ditandai dengan anak panah tersebut. Dari hasil cetakan, anda akan tahu sisi mana printer mencetak, ke arah mana dan menghadap mana. Hal ini sangat penting untuk mencegah salah mencetak.
  2. Siapkan printer dan kertas, lalu buka dokumen yang akan dicetak, kemudian buka setting print pada aplikasi yang digunakan, kemudian ubah setting untuk mencetak agar yang dicetak adalah halaman nomor genap (even) terlebih dahulu.
  3. Ubah setting untuk mencetak menjadi reverse atau print from last page. Tujuannya agar mencetak mundur mulai dari nomor halaman paling belakang ke nomor halaman paling awal sehingga hasil akhir cetakan tidak perlu disusun atau diurutkan sesuai nomor halamannya (tinggal jilid).
  4. Mulai mencetak. Setelah selesai, pasang kembali hasil cetakan ke printer. Hati-hati, anda harus benar meletakkan posisi kertas, jangan sampai cetakan terbalik atau mencetak di halaman yang telah ada cetakannya! Jika jumlah halaman dokumen anda ganjil, tambahkan satu lembar kertas kosong diletakkan paling depan.
  5. Setelah memastikan posisi kertas benar, ulangi langkah nomor 2, namun setting harus diubah, kali ini mencetak halaman nomor ganjil (odd). Dan pastikan mencetak mundur (reverse atau print from last page).
  6. Cetak dokumen.
Langkah-langkah di atas pernah diuji coba dengan printer yang mengambil kertas dari tray, adalah kertas yang paling atas. Lebih baik mencoba mencetak dua halaman sebelum mencetak keseluruhan dokumen agar mengetahui karakteristik printer yang dipakai.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: