Selasa, 11 April 2017

Kisah Program Aplikasi Pencarian Peribahasa, Ungkapan, dan Kiasan Bahasa Indoensia Beserta Artinya

Alkisah ada seorang pengembara di dunia perkodingan, yang hari-hari dilaluinya selalu dihiasi dengan mimpi-mimpi. Baik itu mimpi indah, mimpi, buruk, mimpi masa lalu, mimpi masa depan, mimpi nggak jelas hingga mimpi sejelas film bioskop. Salah satu dari mimpinya adalah membuat program aplikasi komputer yang dapat bermanfaat buat manusia banyak, terutama manusia Indonesia.

Suatu hari yang panas dan terik, si pengembara duduk di tepian telaga sunyi yang sejuk, sekedar melepas lelah, mengeringkan peluh. Diiringi alunan syahdu lagu merdu mendayu dari MP3 playernya. Semilir angin AC hampir melenakannya. Sekonyong-konyong, jatuhlah buah nanas di atas kepalanya, dari pohon yang menjadi sandarannya. Setelah terhilang rasa kagetnya, si pengembara mengelus-elus kepalanya, terasa kulit kepalanya pedih dan perih... si pengembara tercenung sejenak... perih... ah yaa! perihbahasa!! .. eh peribahasa (nggak pake 'h').

Dan semenjak si pengembara kejatuhan buah nanas, ia banyak melamun, melamun, dan melamun. Bukan gara-gara karena kejatuhan nanas ya. Tapi karena memang dia suka melamun dan berkhayal. Sambil melamun dan makan bekalnya, dia membuka kitab berisi foto-foto saudara seperguruannya... tiiinggg! Secercah cahaya memasuki alam pikirannya. Si pengembara teringat, ia memiliki saudara eh saudari-saudari seperguruan yang memiliki ilmu tingkat tinggi tentang peribahasa di dunia perbahasaan. Langsung dengan ilmu telepatinya si pengembara menghubungi saudari-saudari seperguruannya untuk membantunya bahu-membahu mengisi database aplikasi pencarian peribahasa. Gayung pun bersambut. saudari-saudari seperguruan si pengembara menyanggupi permintaan bala bantuan.

Dengan semangat 45, si pengembara mulai banting tulang peras keringat putar otak membuat program aplikasi komputer untuk mencari peribahasa bahasa Indonesia berbasis web. Si pengembara menginginkan aplikasi komputer tersebut berbasis web agar dapat menjangkau area wilayah Indonesia yang lebih luas lagi, dari Sabang sampai Merauke.

Singkat cerita, berhasillah si pengembara mengembangkan program aplikasi komputer pencarian peribahasa Indonesia berserta artinya. Namun, lagi-lagi sifat dasar si pengembara, mengembara ke sana kemari sambil melamun, membentuk satu sifat lagi yaitu tidak merasa tenang. Alhasil, yang semula hanya ingin membuat program aplikasi komputer mengenai peribahasa, berubah, ditambahi dengan, tidak tanggung-tanggung, ungkapan dan kiasan bahasa Indonesia beserta artinya. Dan... banting tulang peras keringat putar otak dilakukan lagi oleh si pengembara selama 7 hari tujuh malam... sampai badan si pengembara berubah drastis tinggal kulit berbalut daging alias ndut brooo.

Hingga akhirnya, hari ini, di sini, di bangku ini, si pengembara berhasil menyelesaikan program aplikasi pencarian peribahasa, ungkapan, dan kiasan bahasa Indonesia... disertai isi-isinya, yang mengandung 2881 peribahasa, 107 ungkapan, dan 110 kiasan... bisa dipakai kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja, di alamat situs web http://peribahasa.ilmubiner.web.id yang aktif full time selama 24 jam, 7 hari seminggu. Si pengembara pun sujud syukur ke hadirat Allah SWT lalu memohon agar program aplikasi yang dibuatnya dapat bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain, aamiin YRA

2 komentar:

RATU-MAGER mengatakan...

keren....... Semoga suatu hari saya juga bisa sperti kakak,, bermanfaat bagi bangsa indonesia

seventhsky mengatakan...

aamiin. terima kasih